Thursday, February 4, 2016

Fungsi dan Manfaat CCTV




Fungsi dan manfaat CCTV bagi kehidupan kita.  

Apa itu CCTV ? CCTV kependekan dari : Closed Circuit Television, yang artinya penggunaan kamera video untuk mentransmisikan signal video ke tempat spesifik, dalam beberapa set monitor. Berbeda dengan siaran televisi, sinyal CCTV tidak secara terbuka ditransmisikan. Sistem CCTV biasanya terdiri dari komunikasi fixed (dedicated) antara kamera dan monitor. Tentunya masyarakat sudah mengetahui sebagian kecil tentang manfaat dari CCTV. Dan Sebagian lagi banyak yang masih kurang memahami apa itu fungsi dari CCTV tersebut. Banyak pendapat tentang fungsi CCTV dari kalangan umum, berikut rangkuman fungsi dan manfaat CCTV yang di rangkum :

1.  Lebih meningkatkan keamanan
Sejak di luncurkan di ranah publik, fungsi utama CCTV adalah untuk meningkatkan keamanan. Bicara tentang keamanan tentu memiliki kaitan yang erat dengan pencegahan tindak atau aksi kejahatan dan kriminal. Bagaimana mungkin aksi kejahatan bisa dicegah dengan CCTV ? CCTV menampilkan sekaligus merekam gambar secara Live. Artinya, gambar yang di ambil oleh kamera pengintai dan di tampilkan melalui monitor merupakan aksi atau tindakan yang sedang terjadi. Sebagai contoh misalnya,seseorang berusaha mencuri sebuah motor yang terparkir di halaman toko. Aksi orang tersebut terekam oleh kamera pengintai, maka aksi itu bisa langsung di gagalkan. Setidaknya aksi pencurian itu telah terekam oleh kamera CCTV sehingga bisa digunakan sebagai barang bukti laporan kepada pihak kepolisian dan pelakunya bisa segera ditangkap. 
Manfaatnya, dari kejadian di atas mungkin kita bisa mencegah sang pelaku dari aksi perampokan, pencurian dan aksi kejahatan lainnya yang akan dilakukan. Dan di saat itu, kebetulan kita sedang memantau monitor CCTV dengan langsung mempergoki sang pelaku.

Tanpa kita selalu ada di tempat yang dimana kita harus mengawasi dan memang rawan untuk di jadikan tempat aksi kejahatan. Kita dapat memonitor Rumah dan Perusaahan anda melalui HP dimana saja anda berada
Untuk antisipasi tindak kejahatan kriminal (crime action), pencurian, perampokan, dan banyak lainnya sehubungan dengan tindak kejahatan dan kegiatan-kegiatan yang tidak diinginkan. Bahan bukti yang otentik bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Butki dapat diputar ulang dikomputer dan DVR.

2.  Memantau semua kegiatan
Memantau dan mengawasi kemungkinan semua kegiatan yang kita kerjakan untuk kepentingan umum dan pribadi, tanpa menyalahgunakan instalasi CCTV di tempat yang sangat privat dan intim. selain untuk meningkatkan keamanan, CCTV juga bisa berfungsi untuk kepentingan mengawasi dan memantau produktivitas karyawan. Bukan bermaksud untuk berburuk sangka, tapi diakui atau tidak, ada saja karyawan yang belum mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara penuh. Selama jam kerja, ada karyawan yang sedang mengobrol, meninggalkan ruangan tanpa alasan jelas, bermain game, memainkan gadget, dan asyik nge-tweet atau fesbukan, bahkan, bisa saja seorang karyawan mengutil barang-barang yang sedang di produksi. Perilaku seperti itu bisa merugikan perusahaan dan perilaku tersebut jelas merupakan bentuk penyimpangan terhadap tanggung jawab pekerjaan. Akibatnya, pelaksanaan tugas terbengkalai dan tidak bisa di selesaikan tepat waktu sehingga hasil kerja menjadi tidak maksimal. Secara lebih lanjut, prestasi dan kualitas kerja karyawan menurun dan selanjutnya akan berimbas pada kinerja perusahaan yang menurun pula.

Manfaatnya adalah kita bisa membedakan karyawan yang produktivitasnya tinggi dengan karyawan yang produktivitasnya rendah. Sebenarnya keberadaan CCTV tidak di maksudkan untuk memata-matai aktivitas karyawan. Jadi, karyawan tidak perlu merasa risih atau canggung dalam melaksanakan tugas. Bagi mereka yang komitmen dengan pekerjaannya tidak akan merasa terganggu dan risih dengan keberadaan kamera CCTV yang senantiasa menangkap dan merekam aktivitasnya, berbeda dengan karyawan yang pecicilan dan slengean dalam bahasa sekarang lebay berlebihan di depan kamera. Mereka mungkin bisa terganggu dengan keberadaan kamera CCTV yang selalu memantau dan mengawasi tiap detik aktivitasnya. Pengawasan aset perusahaan maupun hasil produksi dan pengawasan jalannya kegiatan produksi, serta pengawasan pengamanan.
Efektif, efisien bagi pengusaha karena bisa mengawasi langsung kegiatan produksi di banyak tempat produksi sekaligus dalam satu layar monitor.

Kecuali, terjadi gangguan mati lampu tapi bisa di atasi dengan UPS (uninterruptible power supply) bagi perusahaan swasta atau instansi pemerintah. CCTV bisa membantu meningkatkan kualitas kinerja karyawan sekaligus mendongkrak kemajuan perusahaan. Jika dari rekaman CCTV diketahui ada penyimpangan tugas oleh karyawan, maka pihak manajemen perusahaan bisa langsung menempatkan karyawan dengan posisi yang seharusnya dan mengatasinya dengan cepat dan tepat. Dapat melihat dan memonitor lokasi sekalipun dalam keadaan tanpa cahaya dengan menggunakan Infra red kamera.

Dapat memantau suatu tempat tanpa diketahui keberadaan kameranya dengan menggunakan kamera tersembunyi atau hidden camera.

3.  Mengawasi anggota keluarga
Kamera CCTV tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan publik dan perusahaan saja, pribadi juga bisa memanfaatkan fungsinya, selain berfungsi untuk keamanan dan memantau seperti di atas. CCTV di rumah yang terpasang bisa untuk memonitor aktivitas anak setelah melakukan instalasi internet tentunya. Hal ini di perlukan bagi para orang tua yang sibuk di luar rumah seharian, sehingga tidak memiliki waktu untuk melakukan kegiatan tersebut dengan bersamaan, agar bisa tetap mengawasi perkembangan anak, salah satu caranya adalah memanfaatkan fungsi dari CCTV di rumah sehingga orang tua bisa tetap mengawasi gerak-gerik dan segala aktivitas anak meski kita tak ada di sampingnya.

Dan manfaatnya adalah Kamera CCTV bisa menjadi mata kita untuk mengawasi anak-anak, meski kita berada jauh di luar rumah jadi hal apapun yang di lakukan oleh anak-anak di rumah bisa kita ketahui, dan jika kita menggunakan jasa babysitter maka kita akan mengetahui perlakuanya terhadap anak kita selama ini. apakah anak kita diperlakukan dengan baik atau tidak. Tentu kita sebagai orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita. Selain itu kita juga bisa mengawasi rumah kita dari kejauhan tentunya dengan terkoneksi ke internet terlebih dahulu, di saat kita sedang liburan, mudik, ke luar kota bahkan ke luar negri sekalipun di tinggal selama beberapa hari bahkan berbulan-bulan kita tetap bisa mengawasi rumah kita tanpa keresahan dan kekhawatiran sedikitpun dengan rumah yang kita tinggalkan. Jadi kita bisa menikmati liburan dengan maksimal.
             CV Karsa Energi Sejahtera
         KaESa Solutions

No comments: